Balik Atas
Kontingen Papua raih Delapan Medali di Hari Pertama Peparnas
 
Pewarta: Redaksi Edisi 12/11/2019
| 231 Views
Berpose bersama kontingen Papua di Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) IX tahun 2019, di Jakarta.(Foto:HumasProvPapua)

 

Jakarta,Sebanyak lima medali emas berhasil disumbangkan atlet Papua dari cabang atletik dan renang, di hari pertama pelaksanaan Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) IX tahun 2019, di Jakarta.

Lima medali emas dihasilkan dari cabang atletik (dua medali) pada nomor lari 100 meter T 60 Putri atas nama Maria Wilil dan tolak peluru F51 Putri atas nama Sania Aprilia.

Sementara tiga medali dari cabang renang disumbang Agnes Jowey dari nomor renang 100 meter gaya dada putri (tuna daksa open putri), kemudian Isack Mimitau pada nomor 50 meter gaya dada putra (tuna grahita open putra) dan Lince Suebu pada nomor 50 meter gaya dada putri (tuna grahita open putri).

Selain medali emas, tiga atlet Papua berhasil menyumbang satu perak dan dua perunggu pada cabang renang.

Adalah Marlanda Oropa yang meraih medali perak pada nomor 50 meter gaya punggung putri (tuna grahita open putri). Sementara medali perunggu diraih Elieser Kabey pada nomor 50 meter gaya dada putra (tuna grahita open putra) dan Yordan pada nomor 50 meter gaya dada putra (tuna rungu open putra).

Sayangnya, atlet Papua yang turun pada cabang bulu tangkis, Oliver Thomas Yeimo harus kandas di babak kedua setelah kalah dari atlet disabilitas Jawa Tengah. Dengan demikian, cabang olahraga bulu tangkis tak menyumbang medali dalam iven kali ini.

Total kontingen Papua meraih delapan medali di hari pertama Peparnas IX Tahun 2019 di Jakarta.

Ketua NPC Papua Jaya Kusuma mengapresiasi perjuangan atlet Papua. Pihaknya tetap yakin, para atlet Bumi Cenderawasih akan mampu menyumbang medali dari cabang dan nomor olahraga lainnya.

“Sebab kalau melihat potensi dari atlet yang diturunkan, saya lihat sangat menjanjikan dan bisa mendulang medali”.

“Untuk itu, kami mohon dukungan doa dari masyarakat Papua bagi anak-anak difabel yang mengikuti Peparnas supaya bisa berprestasi dan mengharumkan nama Papua,” harapnya.

Senada disampaikan Ketua kontingen tim Paperpenas Papua, Timotius Matuan. Dia optimis perolehan medali belum berakhir di hari pertama. Tetapi akan terus disumbangkan atlet lainnya jika menilik pada potensi yang ditunjukkan para atlet.

“Intinya hasil hari ini patut kita berbangga. Kini saatnya kita mendukung bagi atlet lainnya yang akan bertanding besok, mohon dukungan doa supaya meraih hasil terbaik,” terang ia.

Humas Pemprov Papua

Berikan Komentar Anda