KPSD Bersihkan Sungai Memperingati Hari Anti Kantong Plastik
Pewarta: Redaksi
| 324 Dibaca
EDISI TERBIT: 4 Juli 2020

JAYAPURA – Memperingati hari anti kantong plastik sedunia yang di peringati setiap tanggal 3 Juli, Komunitas Peduli Sungai Dafonsoro (KPSD) melakukan aksi bersih-bersih sungai. Sabtu (04/07/2020) pagi hingga siang hari.

Sungai yang dibersihkan adalah aliran sungai Komba yang berlokasi di belakang BTN Bintang Timur Komba Sentani.

Kepada awak media Papualives.com, ketua KPSD Silvo Womsiwor menyampaikan bahwa Komunitas Peduli Sungai Dafonsoro awalnya kami dirikan atas kesadaran kami atas ancaman nyata bagi keberlangsungan makhluk hidup yang mendiami Kabupaten Jayapura khususnya Masyarakat adat yang bermukim di Danau Sentani.

“Kami sadar bahwa ancaman berupa sampah-sampah yang sulit terurai serta dapat mencemari lingkungan dan kebersihan air yang mengalir ke Danau Sentani hingga kami mulai mengambil tindakan bahwa harus ada wadah seperti komunitas agar kami yang mempunyai Passion dalam mencintai Lingkungan dapat berkumpul dan beraksi” kata Silvo (04/07/2020) siang.

Dalam Hari Bebas kantong Plastik Sedunia tahun 2020 ini, meskipun di tengah situasi Pandemi Covid-19 namun tetap ada aksi untuk membersihkan lingkungan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan

“kita lakukan aksi bersih-bersih sungai dan berkolaborasi dengan teman-teman Love Christ Community di Papua Barat Manokwari, Kami membersihkan sungai (Sentani), mereka membersihkan Pantai Pasir Putih (Manokwari)” tegas Pria yang merupakan Alumni Sekolah diplomasi lingkungan angkatan-1 dari Yayasan Econusa

“Bersyukur bisa mempengaruhi org lain untuk turut dalam aksi dan juga meningkatkan kesadaran cinta lingkungan dalam diri mereka” tutup Silvo.

Dalam aksi ini juga tidak hanya orang dewasa, namun anak-anak kecilpun terlibat dan sangat penting untuk menanamkan rasa cinta lingkungan dari dini.

Berikan Komentar Anda
Share Button