Balik Atas
Kreatif Noken motif PON 2020 dari Mama-Mama Papua
 
Pewarta: Redaksi Edisi 30/07/2019
| 562 Views
Salah satu Noken motif PON2020 yang di rajut oleh Mama-Mama Papua (Foto:Istimewa)

Jayapura,Tak terasa tinggal se-tahun lagi Pekan olahraga Nasional (PON) Tahun 2020 yang akan berlangsung di Papua nantinya. Persiapan dan kesiapan terus di lakukan oleh Panitia maupun pemerintah provinsi Papua maupun seluruh kabupaten kota yang ada siap untuk menyambut kegiatan nasional ini.

Selaim itu,adapula ide-ide kreatif mama-mama papua mencoba menuangkan idenya melalui rajutan noken dengan motif tulisan dan gambar PON2020 kitong bisa.

Salah satu Pengrajut dan Pedangan Noken Mabi Yeimo mengatakan bahwa Noken sudah sangat membantu ekonomi keluarga walaupun harga yang kami jual belum ada ketetapan dari pemerintah.

“Noken kan ada ukuran dan motif tertentu dan mempunyai tingkat kesulitan dan proses.Sehingga saya harap pemerintah tetapkan harga secara umum sesuai dengan ukuran sebab selama ini kami jual dengan harga yang tak menentu. Ya kadang mahal kadang murah. Untuk itu pemerintah perlu liat persoalan ini’ kata mama Yeimo yang berasal dari Paniai ini.

Motif ini sangat indah sekali bagi siapa saja yang memakainya terutama bag peserta PON2020 nantinya.Entah itu bisa dijadikan sebuah oleh oleh yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Sebab di rajut langsung oleh mama-mama Papua.

Barangkali kalian tertarik memakai Noken ini atau Noken dengan motif lainnya yang berbeda warna ataupun kata kata mengenai PON202 kalian bisa datang langsung ke Abepura depan Saga Mall tepatnya.

“Bagi yang ingin pesan juga bisa kami siap layani sesuai depan keinginan warna atau kata-kata.Kami berjualan di depan Saga Mall Abepura tepatnya di Depan Jalan ini.Kami masih tunggu tempat penjualan yang layak,mungkin akan di berikan pemerintah nantinya”.Jelas Mama Yeimo kepada media ini.

Berikan Komentar Anda