Beranda Advertorial KWI Dukung Keputusan Keuskupan Timika Bekukan Kursi MRP Pokja Agama

KWI Dukung Keputusan Keuskupan Timika Bekukan Kursi MRP Pokja Agama

1900
0
Pengurus KWI bersama Uskup se-Indonesia saat bertemu Presiden. (Foto: Istimewa)

NABIRE – Sekretaris Eksekutif Komisi Kerasulan Awam Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) , RD Hans Jeharut menyampaikan bahwa KWI Tetap Dukung Keputusan dari Keuskupan Timika. Disampaikan diskusi online virtual Zoom, Rabu [19/07/2023] malam tentang menyikapi dinamika Persoalan Kursi MRP Pokja Agama Katolik Provinsi Papua Tengah.

” Jangan sampai ada yang menempuh jalan sendiri tanpa mengindahkan apa yang telah diputuskan Keuskupan Timika.” kata RD Hans [19/07/2023] kutip media ini dalam diskusi yang digagas oleh pengurus Pusat Pemuda Katolik dari Departemen Gugus Tugas Papua.

Screenshot Webiner Pemuda Katolik Papua Tengah. (Foto: Dok Papua Lives)

Menurutnya, setelah menyimak dan mengikuti dinamika. Pastor Hans melihat ada indikasi cacat hukum secara prosedural dan administrasi yang dilakukan Panitia Seleksi MRP Papua Tengah.

“Proses advokasi litigasi yang telah dilakukan melalui kawan-kawan di LBH Talenta Papua itu, diharapkan agar  terus dikawal.”pintanya.

Dirinya menambahkan, KWI juga tetap mendorong kepada pihak terkait di pusat. Dirinya menyatakan bahwa saat ini butuh konsolidasi serius.

” Jangan anggap remeh akan pentingnya kosolidasi dari tingkat atas hingga pada pengambil kebijakan di daerah. Soal advokasi litigasi dan non litigasi hingga menempuh jalur hukum sudah pasti kami KWI juga dorong,” terangnya.

Terkait itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus Asat Gusma diawal sambutanya mengatakan perlu terus mempejuangkan hak-hak umat Katolik di MRP.

” Untuk itu, dibutuhkan kerjasama dari berbagai komponen dalam menyuarakan dan terus mengawal hingga ke tingkat pemangku kebijakan di pusat. Dibutuhkan komitmen bersama.”jelasnya Gusma.

Lebih lanjut, Ketum Pemuda Katolik  menegaskan bahwa apapun yang di perjuangkan saat ini. Ketum Gusma mengajak semua komponen harus ada kekompakan.

” Secara gotong-royong menyuarakan dan terus mengawal. Saya siap kawal di tingkat pusat,”tegasnya tadi malam.

Diskusi tersebut menghadirkan Narasumber, Pastor Delegatus Keuskupan Timika, RD Yuvensius A. Tekege, Sekretaris Eksekutuf Komisi Kerasulan Awam KWI, RD Hans Jeharut dan Direktur Lembaga Bantuan Hukum Talenta Keadilan Papua, Dani Nawipa.

Untuk diketahui bersama KWI adalah konferensi waligereja yang menghimpun uskup-uskup Gereja Katolik seluruh Indonesia. Sebagai suatu lembaga keagamaan, KWI menggalang persatuan dan kerja sama dari Hierarki Gereja Katolik Indonesia dalam tugas pastoral mereka untuk memimpin dan melayani umat Katolik Indonesia.

Simak juga video Keuskupan Timika Secara Resmi Bekukan Rekomendasi MRP Pokja Agama Katolik dibawah ini.