Leonardus Tumuka Resmi Jabat Ketua Pemuda Katolik Komcab Mimika

Susana Muskomcab Pemuda Katolik Komcab Mimika di Aula Grand Tembaga Hotel Timika Papua. Minggu, (22/5/2022) kemarin. (Foto: Dok for papualives)

TIMIKA – Dr. Leonardus Tumuka resmi menjabat sebagai ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Mimika sepanjang 1 (satu) periode (2022-2025). Terpilihnya Sdr.  Leonardus  Tumuka melalui mekanisme Organisasi Kepemudaan (OKP) Pemuda Katolik Komcab Mimika pada Agenda Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapenta) dan Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) Tahun 2022. Yang mana, kata dia Muskomcab sendiri merupakan agenda Pemuda Katolik dalam proses pemilihan ketua  menggantikan ketua yang sudah menjabat periode sebelumnya (2019-2022). Hal itu dikatakan Ketua Formatur Mapenta dan Muskomcab Pemuda Katolik Mimika, Jembris Wafom, SH saat di temui awak media ini di Aula Grand Tembaga Hotel Timika – Papua, Jalan Yos Sudarso. Minggu malam (22/5/2022).

“Dengan menyerahkan Panji bendera kebesaran Pemuda Katolik Komisariat Cabang Mimika, maka dengan ini seluruh roda kepemimpinan Pemuda Katolik Komisariat Cabang Mimika sepnuhnya menjadi tanggung jawab saudara ketua terpilih,” pesan Jembris saat menyerahkan bendera kepada Ketua definitif.

Bacaan Lainnya
Ketua Pemuda Katolik Komcab Mimika, Dr. Leonardus Tumuka usai menerima bendera Panji Organisasi Pemuda Katolik.Minggu (22/5/2022). Kemarin. (Foto: Dok For Papualives)

Jembris menyampaikan, terpilihnya Sdr. Leonardus Tumuka melalui mekanisme Anggaran dasar anggaran rumah tangga (AD/ART) Pemuda Katolik Komcab Mimika tahun 2022. Yang mana, selain sudah melakukan penerimaan anggota baru, atau diistilahkan dengan Mapenta, juga dilakukan Muskomcab.

Pada Muskomcab itu, terdaftar sebanyak 7 (tujuh)  kandidat bakal calon (balon) Ketua.

“Dua diantaranya perempuan atau cendrawasih Papua dan lima diataranya pria,” beber Jembris.

Berdasarkan hasil pemungutan suara dari total 150 surat Suarah sah itu (jumlah daftar hadir), menghasilkan Sdr. Leonardus Tumuka hampir memboyong 80% Suarah sah mengalhkan 6 pesaing balon ketua lainya.

Dengan terpilihnya Sdr. Leonardus Tumuka, kami seluruh Orang Muda Katolik di Kabupaten Mimika yang berada dibawah naungan Keuskupan Timika sangat mengharapkan agar beliau bisa hadir sebagai pemersatu Pemuda Katolik terutama Orang Alsi Mimika (suku Mimika) untuk hal kaderisasi dalam organisasi, pelanayan di dalam gereja, keluarga serta berdampak luas ke Masyarakat.

“lebih dari itu, juga kepada seluruh Orang Muda Katolik dari seluruh Nusantara yang ada di Mimika. Juga kepada seluruh organisasi kepemudaan lintas agama yang ada di Kabupaten ini,” ajak Jembris.

Ketua terpilih, Dr. Leonardus Tumuka saat menerima atribut Pemuda Katolik berupa Bendera atau Panji kebesaran itu, juga menyampaikan terima kasih banyak kepada Panitia dan juga kepada seluruh Pemuda Katolik di Kabupaten Mimika.

“Atas nama Pemuda Katolik dan Bangsa Indonesia, saya menerima Panji ini, untuk bersama – sama dengan seluruh OKP di Kabupaten Mimika membangun Kabupaten Mimika,” beber Leonardus Tumuka.

Pantaun awak media ini menerangkan seluruh rangkaian kegiatan di Tempat pelaksanaan kegiatan dimaksud, acara berlangsung sengit. Yang mana pada Minggu, pukul 09.00 dimulai dengan opening Ceremoni, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Senior Pemuda Katolik, Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Pusat (via During) dan dilakukan penerimaan anggota baru, yang ditandai dengan pengambilan sumpah janji anggota baru Pemuda Katolik.

Pada pukul 20.00 sampai dengan 02.00 (dini hari) berlangsung Muskomcab. Mukomcab sendiri dipimpin langsung oleh Pimpinan Sidang, Jembris Wafom, SH, Ditemani kedua wakil pimpinan sidang. Mekanisme lebih lanjut dilanjutkan sesuai pedoman aturan main organisasi kepemudaan Pemuda Katolik Komcab Mimika hingga selesai yang melahirkan sdr. Leonardus Tumuka sebagai Ketua Terpilih. (***).

Berikan Komentar Anda

Pos terkait