Luar biasa, Dukung Ekonomi OAP, Bupati Lanny Jaya Bantu 5 Miliar

LANNY JAYA – Dukung Pengusaha muda untuk mandiri dalam perekonimian, Bupati Kabupaten Lanny Jaya, Befa Yigibalom, SE.M.Si kebali memberikan bantuan modal usaha sebesar 5 Miliar kepada 106 pengusaha asli Papua (OAP) di Lanny Jaya yang tergabung dalam Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Kabupaten Lanny Jaya.
Bantuan yang diterima oleh ketua KAPP Lanny Jaya, Fredi Ginia Tabuni, ST, diwakili Sekretaris KAPP Lanny Jaya, Ironi Kogoya, S.AP, pada Kamis (4/8/2021).

“Jadi hari ini Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya menyerahkan dana sebesar 5 miliar kepada 100 pengusaha putra daerah yang tergabung dalam KAPP. Saya berharap semua pengusaha yang rata-rata lulusan sarjana dan D3 terdidik ini, menguasai Lanny Jaya dengan usaha dagang. Baik itu berdagang sembako, beternak, berkebun kopi dan dagang lainnya,”harap Bupati Befa melalu video yang diterimah Cenderawasih Pos, Kamis (4/8/2021).

Bupati Befa mengungkapkan, tahun lalu pihaknya sudah mengucurkan dana sebesar2,5 miliar dan di tahun ini prospeknya cukup baik karena hampir semua jenis usaha dari 39 distrik itu, milik putra daerah.

“Rata-rata yang mempunyai usaha ini adalah lulusan sarjana dan, saya pikir ini perubahan mindset (pola pikir) yang baik untuk orang papua khususnya orang Lanny Jaya,”kata Bupati Befa.
Melalui cara ini, lanjut Bupati Befa, kedepannya orang Lanny Jaya akan mengerti bahwa hanya dengan berusaha orang bisa hidup lebih baik. Kalau jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), bisa dihitung gaji satu bulan dan gaji 30 tahun.

“Tapi kalau jadi seorang pengusaha barang dan jasa, pengusaha ternak atau pengusaha kopi, yang akan terjadi adalah orang itu menghasilkan uang yang seharusnya di pegawai negri menunggu sepuluh tahun untuk mendapatkan 300-400 juta, seorang pengusaha dalam satu sampai tiga tahun bisa menghasilkan minimal itu 1 miliar sehingga perubahan mindset ini yang perlu kita ubah,”jelasnya.

Ia selaku bupati Lanny Jaya menyatakan salut akan kinerja KAPP di wilayah yang dia pimpin tersebut. Ia berharap KAPP didukung oleh KNPI dan Dinas koperasi dapat membina dan memastikan bahwa dana yang dikeluarkan Pemerintah Lanny Jaya tidak sia-sia.

“Pemuda asli Lanny Jaya juga harus tau di dalam negara ini dan daerah ini, anda punya kesempatan untuk menjadi milyuner. Oleh karena itu, budaya yang tidak baik dan pesta pora harus ditinggalkan agar kedepannya generasi baru kita akan memiliki mindset yang lebih baik dalam dunia usaha,”pesan Bupati Befa Yigibalom diakhir rilisnya.

Di tempat terpisah melalui telepon selulernya Ketua KAPP Lanny Jaya, Fredy Ginia Tabuni mengatakan trimakasi atas dukungan dan kepercayaan yang di berikan Bupati pihaknya akan berupayah untuk menyalurkan dana ini kepada pengusaha sesui data yang ada.
” sekitar 106 pengusaha yang suda sarjana semua, kita rangkul dari 39 distrik, selain membuka usah mereka juga bisa bantu orang tua yang ke kota membeli sembako di kota dengan dana besar dan dana banyak keluar maka, kami harapkan teman – teman pengusaha yang dapat bantuan di semua distrik ini buka jualan sembako di Distrik dan yang baru sekarang harus lengkapi lampu kulkas dan perlengkapan lain agar masyarakat tidak membeli di kota tapi beli didistrik sehingga uang putar di kampung saja,” katanya.

Ia juga meminta agar setiap pengusaha yang dapat bantuan agar bisa menjaga dusun dengan perjuat ekonomi, agar jangan ada pengusaha lain datang.
“Kalian harus keras didusun dengan usaha kalian, jangan ada orang luar masuk,” katanya, (aw)

Berikan Komentar Anda