Beranda Birokrasi Masyarakat Jayapura Antusias Sambut Bacabup dr. Yohannis Manangsang di Bandara Sentani

Masyarakat Jayapura Antusias Sambut Bacabup dr. Yohannis Manangsang di Bandara Sentani

393
0
Saat kedatangan di bandara sentani Jayapura. (Foto: Timsus)

SENTANI – Masyarakat Kabuapten Jayapura menyambut kedatangan Bakal Calon Bupati (Bacabup) Kabupaten Jayapura dr. Yohannis Menangsang Wally (YMW) yang terbang dari Jakarta di Bandar Udara Sentani, Jayapura, Jumat (14/6/2024). Kedatangan Bacabup YMW tersebut disambut langsung sejumlah warga dengan membawa spanduk yang bertuliskan “Selamat Datang Calon Bupati Kabupaten Jayapura Periode 2024-2029”.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Yohannis Manangsang, M.Kes. atau lebih terkenal dengan sebutan Dokter Manangsang Wally menyampaikan bahwa dirinya telah mendapatkan SK pencalonan dari Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa. “Ini merupakan sejarah baru, sebab saat ini kami sudah mendapatkan rekomendasi DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai PKB memiliki 3 kursi DPRD Kabupaten Jayapura dan tentu saja kami sudah memiliki kerangka perahu dasar yang kuat,” ungkap dr. YMW yang juga populer disebut Dokter Orang Papua itu.”

Sementara itu, Ketua Umum Tim Sukses (Timses) Bacabup Dokter Manangsang Wally, Sem Gombo, S.Kom., menyampaikan bahwa pihaknya sangat bersyukur Bacabup Jayapura Dokter Yohannis Manangsang sudah mendapatkan SK dari PKB. “Maka kami selaku timses Jayapura Emas tidak ragu-ragu lagi, kami siap kerja lebih semangat, untuk itu kami hadir guna menjemput Bacabup Dokter Yohannis Manangsang dengan antusias,” tuturnya.

Sem Gombo menambahkan, ia optimis yakin dan komitmen untuk mendukung penuh memenangkan dr. Yohannis Manangsang sebagai Calon Bupati Jayapura periode 2024-2029 menuju Jayapura Emas. “Untuk itu saya mengajak Seluruh komponen Masyarakat Gunung, Masyarakat Tabi dan Nusantara yang berdomisili di kabupaten Jayapura, mari kita rapatkan barisan mendukung penuh Dokter Yohannis Manangsang,” ajaknya.

Lanjutnya, dr. Yohannis Manangsang sudah membawa pulang sebuah perahu partai politik dari Jakarta ke Jayapura sebagai salah satu syarat untuk melengkapi pencalonan atau mendaftar sebagai Calon Bupati dan perahu yang dimaksud adalah Partai Kebangkitan Bangsa. “Sekarang ini, kita tinggal mengikuti instruksi untuk melakukan konsolidasi Partai PKB di daerah dengan Timses supaya lebih siap dan lebih kuat lagi,” ujarnya.

Berdasarkan sejarah, kelahiran Partai Kebangkitan Bangsa atau yang popular disebut Parta PKB tidak lepas dari peran Abdul Rahman Wahid alias Gusdur yang menjadi pelopor berdirinya part tersebut. Gusdur adalah tokoh yang amat dikenal dan dikenang oleh rakyat Papua, yang mengembalikan kebesaran nama Papua sebagai kebanggaan masyarakat Papua.

“Semoga nilai-nilai keteladanan Gusdur yang merupakan Bapak Toleransi dan cinta damai akan menjadi bagian dari kepemimpinan Bacabup dr. Yohannis Manangsang Wally dalam mewujudkan Jayapura Emas 2030,” sebut Sem Gombo menutup keterangannya.

Untuk diketahui bersama, dokter Yohannis Manangsang Wally merupakan salah satu tokoh masyarakat Papua, khususnya Jayapura, yang mendapat dukungan luas dari masyarakat untuk maju menjadi Calon Bupati Jayapura pada Pilkada November 2024 mendatang. Sebagai Anak Suku Wally, Yohannis Manangsang yang mendapat julukan Dokter Orang Papua itu bercita-cita untuk mewujudkan Jayapura Emas 2030.

“Saya berharap kita bisa mensinergikan tiga komponen utama dalam sebuah bangsa, yakni masyaakat adat, tokoh agama, dan pemerintah, dalam membangun kesejahteraan bersama dan merawat nilai-nilai budaya dalam mewujudkan tatanan kebangsaan yang harmonis demi mewujudkan Jayapura Emas 2030,” beber mantan Direktur RSUD Abepura, Sentani, itu penuh semangat pada acara donor darah Yayasan 98 Peduli beberapa waktu lalu.

Menilik track record lulusan pasca sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Makassar itu, masyarakat Kabupaten Jayapura patut mempertimbangkan dokter Yohannis Manangsang untuk diberi kepercayaan sebagai pemimpin Kabupaten Jayapura mendatang. Selain memahami benar tentang masalah kesehatan yang menjadi salah satu kebutuhan amat penting bagi masyarakat, lelaki yang menamatkan seluruh pendidikan dasarnya di Sentani ini juga mempunyai pengalaman panjang dalam memfasilitasi dan memediasi kelompok-kelompok masyarakat yang menghadapi konflik dan masalah sosial lainnya.

Di bidang politik, dokter yang satu ini tidak perlu diragukan. John Manangsang Wally pernah menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Provinsi Papua periode 2004-2009. Dia juga didapuk sebagai pemangku adat (Abhu Afaa) di Kampung Babrongko, Sentani, sejak 2001 hingga sekarang. Selain itu, pemilik zodiak Capricorn ini juga aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan, keagamaan, dan seni-budaya. (TIM/Red)