Beranda News Poksus DPRP Dukung Pengolahan Industri Dan Ekowisata Sagu Di Kampung

Poksus DPRP Dukung Pengolahan Industri Dan Ekowisata Sagu Di Kampung

518
0
Ketua Poksus DPRP John NR Gobai ketika melihat dari dekat Industri Sagu di Mimika (Foto:Istimewa)

MIMIKA – Sagu merupakan pohon yang mempunyai berbagai fungsi. Pohon sagu banyak tumbuh di Papua bagian pesisir, wilayah selatan papua masih menyimpan cadangan hutan sagu yang luas. berbagai pembangunan dan investasi telah dan sedang menggusur dan membabat pohon sagu yang tumbuh secara alamiah namun budidaya sagu masih terbatas, sagu juga telah menjadi sumber pendapatan masyarakat dan berguna bagi kehidupan masyarakat papua dibagian pesisir untuk itu diperlukan upaya strategis untuk perlindungan dan pengembangan sagu.

Dalam kunjungan ke Mimika belum lama ini, Ketua Kelompok Kerja Khusus (Khusus) DPR Papua (DPRP) sempatkan melihat dari dekat  Pabrik  Sagu berlokasi di Jalan Hasanudin, Kabupaten Mimika.

” Setahu kami ada juga industri sagu di Kekwa yang dibangun oleh YPMAK Timika. Menurut saya ini baik dan perlu di jadikan contoh untuk di juga dikembangkan di daerah lainnya.”ucap Gobai belum lama ini.

Menurut ketua Poksus DPRP dirinya melihat ada sedikit catatan yang perlu disampaikan dalam rangka perlindungan hutan atau dusun sagu yang adalah sumber kehidupan masyarakat. Menurut Gobai perlu adanya kebijakan pembatasan pembukaan lahan baik kehutanan maupun perkebunan sawit.

” Pembukaan jalan dan pembangunan komplex perumahan yang membongkar hutan sagu.
Dan juga mesti ada upaya membuka kebun-kebun atau dusun dusun sagu atau dengan kata lain perlu ada budidaya sagu khas Papua.”Pintanya.

Kesemptan itu, Puhaknya juga mengupayakan bahwa dalam rangka pengembangan maka perlu dikembangkan, adanya industri peralatan pengolahan sagu.

” Adanya pelatihan – pelatihan pengolahan sagu, home industri kecil pengolahan sagu di kampung-kampung dan juga ekowisata hutan sagu.”harap Legislator asal Paniai ini.