Menang Pilpres Timor Leste, Aktivis HAM Papua Ucapkan Selamat Kepada Ramos-Horta

Thomas CH Syufi,SH Aktivis HAM Papua. (Foto: Istimewa)

JAYAPURA – Presiden Terpilih Timor Leste, Jose Ramos-Horta mendapatkan banyak dukungan setelah berhasil memenangkan pilpres dua putaran pada tahun ini. Kepada media ini salah satu Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Papua, Thomas CH Syufi mengucapkan selamat kepada mantan Presiden dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 1996 Jose Ramos-Horta.

” Baru saja memenangkan suara mayoritas kursi presiden Timor Leste sekaligus berpelung untuk ditetapkan sebagai presiden untuk negara itu periode 2022-2027. Memberi apresiasi yang luar biasa atas proses penyelenggaraan Pemilu yang sangat demokratis, jujur, bermartabat, dan damai.” kata Syufi, Kamis [21/04/2022] kemarin.

Bacaan Lainnya

Dirinya, selaku Koordinator Papuan Observatory for Human Rights (POHR) menjelaskan bahwa hal itu tentu akan menjadi contoh dan eksperimen demokrasi bagi negara-negara lain, termasuk negara-negara ASEAN dalam proses berdemokrasi. Horta seorang tokoh kemerdekaan dan figur internasional yang bisa akan membawa Timor Leste manjadi terus maju.

” Kami merasa kemenangan Horta adalah kemenangan segenap rakyat Timor Leste dan juga bagi dunia. Beliau figur besar yang memiliki reputasi internasional. Ia punya kredibilitas dan integritas untuk berkontribusi bagi perdamaian global.”jelasnya.

Selain itu, Syufi juga berharap kepada Pak Horta menjadi presiden, bisa membantu berkomunikasi dengan tokoh-tokoh internasional,termasuk para politisi di PBB untuk membantu mendorong pemerintah Indonesia segera menyelesaikan berbagai konflik 50an tahun Tanah Papua.

” termasuk penyelesaikan kasus pelanggaran HAM dan dibukanya ruang perundingan antara pemerintah Indonesia dan rakyat Papua, temi tercapainya solusi konflik yang bermartabat dan permanen di kedua provinsi Papua dan Papua Barat.”harapnya.

Kesempatan itu, Aktivis HAM Papua itu menuturkan bahwa saat ini rakyat Papua mendukung pemerintah Indonesia dan negara-negara ASEAN untuk mendukung dan menerima Timor Leste menjadi anggota ASEAN.

Berikan Komentar Anda

Pos terkait