Musrembang Pemkab Fakfak Dalam Rangka Penyusunan RKPD 2021

Bupati Kabupaten Fakfak DR. Drs Mohammad Uswanas, M.Si ketika memberikan sambutannya ketika acara pembukaan Musrembang diFakfak (Foto:Ronald/PapuaLives)

Fakfak, Penyelenggaraan Forum OPD dan Musrembang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Fakfak dalam penyusunan RKPD 2021, Bertempat di Rumah Negara Windertuare Kabupaten Fakfak, Jumat (08/05/2020).

Acara tersebut mengusung tem” Meningkatkan Kualitas SDM dan Tata Pengelolah Pemerintah serta Percepatan Pertumbuhan Ekonomi dan Infrastruktur daerah melalui pendekatan Tematik, Holistik, Integral”.

Hadir dalam musrembang tersebut, Bupati Fakfak DR. Muhamad Uswanas, M.Si, Dandim 1803 Fakfak Letkol Inf Yatiman, A.Md, Kajari Fakfak Firdaus, S.H, Sekda Fakfak Ali Baham Temongmere, M.TP, Ketua Bappeda Fakfak Said Atamimi, S.E.

Saat membuka acara tersebut, Bupati Kabupaten Fakfak DR. Drs Mohammad Uswanas, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, saat ini semua pihak mengalami situasi dan kondisi yang sangat berat akibat penyebaran Wabah Covid-19 yang dinyatakan oleh WHO sebagai Pandemi Global.

“Kondisi ini berimplikasi kuat dan sampai saat ini terus menyebar secara masif serta telah mempengaruhi sendi-sendi ekonomi dan sosial yang tentu berimplikasi pada pengurangan dana transfer ke daerah yang diprioritaskan untuk percepatan penanganan Covid-19 dan prioritas pada penanganan kesehatan, jaringan pengaman sosial serta penanganan dampak ekonomi”, Urai Bupati.

Bupati menjelaskan bahwa, Kondisi ini tentu akan berdampak pada perencanaan tahun anggaran 2021, oleh karena itu Bupati menekankan agar setiap OPD dalam merencanakan program dan kegiatan pembangunan agar tetap memperhatikan skala prioritas dengan melakukan penajaman dan klarifikasi usulan sesuai prioritas pembangunan dalam RKPD 2021. Selain itu upaya untuk mendorong tumbuhnya iklim investasi tetap terus dilakukan sebagai salah satu komponen penting dalam pembangunan.

Untuk program 2020 anggaran Daerah Kab. Fakfak terpotong langsung dari pusat, sekitar 255 miliard, jadi semua OPD program kegiatan 2020 sebagian di abaikan dan akan dilanjutkan ke 2021. Dalam kesempatan Musrembang Tk. Kabupaten tersebut, Dandim 1803/Fakfak di beri kesempatan untuk memberi masukan dan saran antara lain, agar dapat memeberdayakan peran Kodim 1803/Fakfak dalam program pemerintah daerah yang saat ini di berdayakan melalui PUPR dan Perhubungan dalam program kegiatan TMMD ke 106 dan 107.

“Tidak hanya Program seperti TMMD tetapi juga bisa melalui Karya bakti dengan berdasar pada UU TNI NO. 34 Tahun 2004 salah satunya membantu Pemerintah Daerah dalam percepatan pembangunan Daerah,” Terang Dandim.

Dandim juga, menambahkan masyarakat jangan selalu menyalahkan pemerintah, Sebab saat ini pemerintah sedang fokus pada penanganan pemulihan penyebaran Covid-19.

” Masalah tempat karantina untuk ODP, banyak masyarakat tidak mau memberikan tempat dan protes kepada pemerintah, seharusnya memberikan solusi bagaimana cara untuk mengatasi penyebaran Covid-19. Dana kampung harus di awasi, sebenarnya masyarakat kita sudah meredeka dalam arti  merdeka dalam kesejahteraan masyarakat, harus memanfaatkan dana kampung itu, agar masyarakat bisa merasahkan kesejahteraan itu sendiri.”harap Dandim.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan paparan para OPD sesuai program masing-masing.

(RonaldoJ Letsoin)

Berikan Komentar Anda