Pemuda Katolik Komcab Mahakam Ulu Kaltim Sosialisasikan IKN ke Sekolah Sekolah

MAHAKAM ULU- Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Mahakam Ulu,Kalimantan Timur melaksanakan sosialisasi ke sejumlah sekolah menengah di wilayah ibu kota Kabupaten Mahakam Ulu. Hal ini dilakukan sebagai tanggung jawab sosial organisasi dalam rangka menyiapkan SDM menuju pembangunan IKN di tanah Borneo. Kegiatan sosialisasi melibatkan beberapa sekolah di antaranya SMAN 1 Long Bagun, SMPN 1 Long Bagun, SMPN 4 Long Bagun, dan SMPN 5 Long Bagun. Kegiatan yang dilaksanakan mengambil tema “Motivasi Generasi Muda Mahakam Ulu Dalam Rangka Menyambut IKN Tahun 2024 melalui bidang pendidikan”.

“Kegiatan sosialisasi dan pemberian motivasi dilaksanakan sejak tanggal 09 Maret hingga 15 Maret 2022. Gebrakan yang dilakukan oleh Pemuda Katolik Komcab Mahakam Ulu setelah dilantik ini semata-mata untuk memberikan motivasi kepada para generasi muda yang masih mengenyam pendidikan di bangku sekolah. Tujuannya agar memiliki semangat dan motivasi yang tinggi untuk terus meningkatkan kemampuan diri melalui ilmu pengetahuan dan bakat untuk menjadi insan yang unggul bagi pembangunan di Kabupaten Mahakam Ulu sebagai beranda depan NKRI,” jelas Ketua Komcab Pemuda Katolik Mahakam Ulu, Anastasia Hiyang dalam keterangan persnya, Jumat (11/3/2022).

Lebih lanjut Anastasia Hiyang juga menyampaikan, “Kami berupaya memberikan pemahaman kepada adik-adik yang masih bersekolah bahwa ilmu pengetahuan dan pendidikan itu sangat penting dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan dan tentu saja untuk memperbaiki taraf hidup. Kita tidak bisa menampik bahwa dengan pendidikan kita dapat memperbaiki taraf hidup. Apalagi di Mahakam Ulu mayoritas penduduknya adalah orang Dayak, dan saya rasa orang Dayak wajib dan harus terus meningkatkan kemampuan diri untuk dapat bersaing secara positif dengan orang lain, apalagi terkait dengan keberadaan IKN di Kalimantan Timur maka tentu kita juga harus terus meningkatkan kemampuan diri agar kelak tidak menjadi penonton di tanah sendiri” tegasnya.

Sebagai organisasi yang baru dibentuk di Kabupaten Mahakam Ulu ini, harapan demi harapan muncul dari para pendidik agar kegiatan seperti ini terus dilakukan dalam upaya memberikan motivasi bagi peserta didik mereka. Seperti yang diungkapkan oleh Akwilina Deu sebagai salah satu guru Agama Katolik di SMPN 4 Long Bagun

“Harapan saya agar kegiatan ini terus dilakukan. Kami sangat mendukung sekali kegiatan seperti ini karena disamping anak-anak ini mendapatkan ilmu pengetahuan di sekolah, mereka juga mendapatkan motivasi dan ilmu dari rekan-rekan Pemuda Katolik Komcab Mahakam Ulu. Karena saat ini muncul keresahan bahwa anak-anak jaman sekarang lebih banyak mendapatkan info yang kurang mendidik, baik dari sosial media maupun dari lingkungoannya. Sehingga dengan kegiatan ini kami berharap dapat membantu kami tenaga pendidik juga agar memberikan motivasi bagi mereka untuk semangat dalam mengenyam pendidikan” ungkapnya.

Berikan Komentar Anda

Pos terkait