Pengukuhan Pengurus DPD LDII Masa Bakti 2021 – 2026 yang dihadiri Wakil Bupati Mimika, Ini Pesan Ketua Terpilih

TIMIKA -Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Mimika Masa Bakti 2021-2026 berlangsung di Hotel Cenderawasih 66, Kota Timika, Papua Sabtu (10/4/2021).

La Ode Muh Norris Ashara S.S dikukuhkan secara resmi sebagai Ketua DPD LDII Kabupaten Mimika oleh Ketua DPW LDII Provinsi Papua H Sugiyono SE M.Si ditandai dengan penyerahan bendera Pataka. Bersamaan dengan 31 pengurus lainnya pengukuhan disaksikan langsung Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob S.Sos MM.

H Sugiyono SE M.Si dalam sambutannya mengajak pengurus LDII Kabupaten Mimika yang baru dilantik agar terus menjalin komunikasi dengan pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan ormas-ormas lain di Kabupaten Mimika.

“Terima kasih kepada pengurus DPD LDII Kabupaten Mimika sebelumnya atas penghargaan, jasa dan pengabdiannya selama 5 tahun lalu,” kata Sugiyono.

Mengakhiri sambutannya, Sugiyono menyampaikan selamat dan semoga dapat mengemban amanah dan memberikan kontribusi nyata untuk bangsa dan negara khususnya Kabupaten Mimika.

Sementara itu La Ode Muh Norris Ashara S.S menyampaikan, “Menjadi ketua tentulah bukan hal yang mudah tanpa kerja sama tim yang baik dan solid. Insya allah saya siap menjalankan roda keorganisasian dan mewujudkan sumber daya manusia profesional religius untuk ketahanan dan kemandirian bangsa menuju Mimika maju,” ungkapnya.

Delapan Program LDII
Ia juga memaparkan delapan program kontribusi LDII, pertama, penguatan wawasan kebangsaan yakni menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. “Inilah yang menjadi payung dalam pembangunan,” tandasnya.

Kedua, bidang dakwah, LDII dalam dakwahnya fokus dalam membentuk manusia yang profesional religius, yakni masyarakat yang memiliki sikap profesional dan dilandasi dengan religiusitas. Mereka bisa berprofesi apa saja namun juga memiliki religiusitas yang tinggi.

Ketiga, bidang pendidikan, LDII berkomitmen mendirikan sekolah-sekolah yang mendukung terciptanya generasi Tri Sukses, yakni generasi yang memiliki kepahaman agama yang kuat, memiliki akhlak yang mulia, dan mandiri. Sekolah-sekolah di LDII umumnya digabungkan dengan pesantren-pesantren.

Keempat, bidang ekonomi syariah, untuk penguatan ekonomi kerakyatan dengan memelopori koperasi syariah, BMT, dan Usaha Bersama (UB).

Kelima, bidang kesehatan dan herbal, DPP LDII mendorong warga LDII memanfaatkan obat-obatan herbal sebagai alternative pengobatan. Hal ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang sehat jasmani dan rohani. Obat herbal juga membantu masyarakat saat harga-harga obat menjadi mahal.

Keenam, bidang ketahanan pangan, LDII mendorong para petani menggunakan teknologi tepat guna, manajemen pertanian/pangan, dan penggunaan bibit unggul. LDII mendorong warganya untuk melakukan konsumsi dan produksi berkelanjutan dengan target zero waste. Di pesantren LDII, air wudhu digunakan untuk memelihara lele dan menyiram tanaman pangan, untuk dikonsumsi para santri. Di tingkat rumah tangga, sampah organik digunakan untuk pupuk tanaman. Serta mendaur ulang sampah-sampah dalam bank sampah maupun dimanfaatkan kembali agar memiliki nilai ekonomi.

Ketujuh, bidang energi terbarukan, LDII mendukung pemerintah dalam mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan menggunakan energi terbarukan hingga 7 persen pada 2019 dan 23 persen pada 2024. Pesantren di lingkungan LDII telah menggunakan pembangkit listrik tenaga surya dan dalam skala industri, warga LDII memanfaatkan mikrohidro.

Kedelapan, menyambut era industri 4.0, LDII telah menyiapkan generasi muda yang memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi digital. Warga LDII telah menggunakan digital printing, kecerdasan artifisial, dan berbagai software untuk memudahkan pekerjaan dan transaksi. LDII juga membekali warganya dengan etika media sosial dan pelatihan jurnalistik, untuk menghindari hoaks dan menyebarkan informasi yang positif.

Selain itu, Ketua DPD LDII Kabupaten Mimika terpilih mengajak seluruh pengurus LDII yang baru dikukuhkan agar dapat menjaga amanah, bekerja dengan ikhlas, dan menjalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing. “Serta memohon dukungan dan bimbingannya pada instansi terkait sehingga dapat menjalankan roda organisasi dengan baik,” tutunya.

La Ode Muh Norris mengatakan siap berkontribusi dan bersinergi bersama pemerintah. “Sebagai kader LDII yang diberi amanah, kami tak lupa mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada pengurus masa bakti 2015-2020. Semoga Allah membalas jasa para pengurus sebelumnya,” pungkasnya.

Berikan Komentar Anda