Polres Kepulauan Yapen Gelar Press Conference Kasus Penyalahgunaan Narkotika Jenis Ganja

Saat Polres Yapen menggelar press conference kasus penjualan dan atau kepemilikan narkotika jenis ganja. (Foto: Frans/PapuaLives)

JAYAPURA – Polres Kepulauan Yapen yang dipimpin Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Ferdyan Indra Fahmi, S.H., S.I.K menggelar press conference kasus penjualan dan atau kepemilikan narkotika jenis ganja bertempat di depan ruang kantor Bag Ops Polres Kepulauan Yapen, Rabu (18/05/2022).

Kapolres Kepulauan Yapen pada kesempatannya mengatakan penangkapan pelaku yang dilakukan pada hari Rabu (11/05/2022) lalu yang bertempat di jembatan panjang kampung Menawi kecamatan Angkaisera, Kabupaten Kepulauan Yapen.

Bacaan Lainnya

“Penangkapan tersebut berawal dari anggota Sat Resnarkoba Polres Kepulauan Yapen yang mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa adanya transaksi jual beli narkoba jenis Ganja, sehingga anggota Sat Resnarkoba langsung pergi ke TKP untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku,” ucap Kapolres.

Lanjut Kapolres, dimna masyarakat tersebut melihat pelaku berinisial KWR yang sedang mengantarkan narkotika jenis ganja ke TKP dengan menggunakan Longboat bersama istri dan anaknya, setelah pelaku tiba di TKP masyarakat melihat pelaku diberi uang yang berjumlah Rp. 1.000.000,-.

“Ketika pelaku mencoba memberikan 2 bungkus plastik bening sedang berisikan Narkotika jenis ganja, pelaku KWR langsung disergap dengan cara salah satu anggota Sat Resnarkoba melompat masuk kedalam Longboat dan memeluk tersangka,” ujarnya.

Lebih lanjut, saat dilakukan penangkapan pelaku sempat memberikan perlawanan yang bermaksud untuk melarikan diri sehingga salah satu anggota Resnarkoba juga melompat masuk ke dalam Longboat untuk membantu rekannya yang sedang bergulat dengan tersangka tetapi Longboat tersebut terbalik dan membuat pelaku melarikan diri dengan cara berenang.

“Saat pelaku berusaha berenang untuk melarikan diri tetapi pelaku berhasil ditangkap dengan cara anggota menggunakan perahu untuk mengejar pelaku dan menangkapnya, dari hasil penangkapan berhasil ditemukan 2 bungkus plastik bening berukuran sedang berisi Narkotika jenis Ganja,” ungkap AKBP Indra Fahmi.

Selanjutnya pelaku di interogasi dan dari pengakuan istri pelaku bahwa dirumah pelaku KWR yang berada di Ambai II masih tersimpan narkotika jenis Ganja sehingga anggota bersama istri pelaku langsung bergerak ke rumah tersebut.

“Sesampainya dirumah pelaku anggota melakukan penggeledahan dan ditemukan kantong plastik berukuran besar yang berisikan 1 bungkus plastik bening berukuran besar berisikan narkotika jenis ganja, 2 bungkus rokok Surya yang kosong dan 1 pak plastik bening berukuran besar, 1 kotak warna hijau yang didalamnya terdapat narkotika jenis ganja serta 1 pak plastik bening berukuran sedang,” pungkas Kapolres.

Dari hasil penangkapan berhasil diamankan barang bukti berupa 1 bungkus Plastik bening berukuran sedang berisikan narkotika jenis ganja seberat 17,4 gram, 1 bungkus plastik bening berukuran sedang berisikan narkotika jenis ganja seberat 14 gram, 1 bungkus plastik bening berukuran besar berisikan narkotika jenis ganja seberat 623,2 gram, 1 buah kotak warna hijau berisikan narkotika jenis ganja seberat 3,8 gram, 2 bungkus rokok Surya, 1 pak plastik bening berukuran besar, 1 pak plastik bening berukuran kecil dan 1 buah kantong plastik berwarna hitam.

“Akibat perbuatannya pelaku dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) dan atau Pasal 111 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara,” tandas Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Indra Fahmi.

Berikan Komentar Anda

Pos terkait