Polres Nabire Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Jelang Pilkada 2020


NABIRE, Menjelang pelaksanaan Pilkada tahun 2020, Polres Nabire menggelar rapat koordinasi lintas sektoral bersama instansi terkait. Kegiatan diselenggarakan di ruang Reformasi Birokrasi Polri (RBP) Polres Nabire, Senin (21/9/2020) siang.

Hadir dalam kegiatan Kapolres Nabire AKBP Sonny M. Nugroho T, SIK, Ketua KPU Wihelmus Degei, S.Kom, Ketua Bawaslu yang diwakili Komisioner Bawaslu Adriana Sahempa, S.PAK, Dandim 1705/PN diwakili Pasi Ops Kapten Inf. Duryat, Danyon Brimob Den Pelopor Nabire diwakili Pasi Ops Iptu Kia Tapun, Para PJU dan Perwira Polres Nabire.

Kapolres Nabire AKBP Sonny mengatakan bahwa pada tahun 2020 ini Kabupaten Nabire akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada). Pelaksanaan Pilkada dijadwalkan akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Oleh karena itu, rapat koordinasi lintas sektoral ini perlu dilaksanakan. Tujuannya agar bisa bekerja sama dan bersinergi untuk mewujudkan suksesnya Pilkada 2020,” ucapnya.

Kapolres menyampaikan, pemilihan umum sudah sering dilaksanakan mulai dari pemilihan presiden, gubernur dan legislatif. Namun dari masing-masing pemilihan tersebut berbeda karakternya. Sehingga diperlukan rapat koordinasi untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaannya.

“Kita ketahui bersama Pilkada tahun ini berlangsung dalam pandemi Covid-19. Oleh karena itu banyak hal yang harus kita sikapi bersama mulai dari bidang keamanan, kesehatan termasuk partisipasi masyarakat,” katanya.

Kapolres menambahkan dengan rapat koordinasi lintas sektoral kita harapkan kita semua bisa mewujudkan Pilkada di Nabire yang aman, damai, sejuk dan kondusif. Selain itu bisa menghasilkan pimpinan yang terbaik dan berintegritas.

“Mari bersama-sama mewujudkan kamtibmas yang kondusif dan pelaksanaan Pilkada yang lancar dan tertib,” pungkas Kapolres Nabire.

Dalam rapat koordinasi lintas sektoral dilaksanakan juga penyampaian oleh Ketua KPU Nabire tentang tahapan pelaksanaan Pilkada yang mana pada tanggal 23 September 2020 dilakukan penetapan bakal calon bupati dan wakil bupati. Dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Bawaslu Nabire yang disampaikan oleh Ibu Adriana Sahempa (Komisioner Bawaslu Nabire).

Pada kesempatan tersebut, Kabag Ops Polres Nabire AKP Jeffri P. Tambunan, SH, SIK memberikan gambaran lewat paparannya, dimana dalam pengamanan pilkada di Kabupaten Nabire tahun 2020 ini TNI/Polri siap mengamankan jalannya pesta demokrasi pada tanggal 9 Desember 2020. Khususunya saat penetapan bakal calon bupati dan wakil bupati tanggal 23 September.

Diakhir rakor juga dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan foto bersama. (*)

Berikan Komentar Anda