Beranda News Polres Paniai Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023

Polres Paniai Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023

613
0
Upacara di Lapangan Apel Polres Paniai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 dengan hikmat. (Foto: Rilispers)

PANIAI – Polres Paniai menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 menangkat tema yakni “Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global”. Kesempatan itu Inspektur Upacara, Kapolres Paniai, AKBP Abdus Syukur Felani  dimulai pukul 09.00 – selesai. Kamis [01/6/2023] pagi.

Dihadiri oleh Wakapolres Paniai, Pejabat Utama, Personil Polres dan BKO Brimob Polres Paniai.

Kapolres Paniai dalam sambutannya membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang di dalamnya menjelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup Bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah dari Tuhan YME untuk Bangsa Indonesia, sehingga Presiden di dalam amanatnya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat bersama-sama menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadikan pancasila sebagai pedoman hidup serta pembimbing jalan bagi masyarakat Republik Indonesia.

Selain itu, pelaksanaan upacara yang setiap tahun di gelar untuk memperingati nilai–nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia sekaligus dasar negara yang diterangkan dalam Pembukaan UUD 1945.

” Kedepan kita akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085 yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain, menjunjung tinggi pruralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi etika, menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia.”kata Kapolres.

Lanjutnya, menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik. Marilah kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Mianggas hingga Pulau Rote, terus berkarya dan beraktifitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi.

” Sebagai anggota Polri kita harus menghayati Pancasila serta mendegungkan kepada masyarakat bahwa falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Pancasila dengan mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam pelaksanaan tugas untuk melindungi, melayani serta mengayomi masyarakat. ”tutup Kapolres dalam amanatnya.