Proses Hukum Tanpa Ada Pemberitahuan, Keluarga YP Protes Polres Paniai

Puluhan massa aksi palang jalan utama, Protes kepada Polres Paniai dari pihak keluarga YP (Foto: Dok for PapuaLives)

PANIAI – Puluhan massa aksi spontanitas masyarakat adat yang terdiri dari tiga kampung yakni Uwibutu,Madi,Ipakiye dan Distrik Paniai Timur mereka melakukan pemalangan jalan di Jalan. Raya Trans Nabire – Paniai di Kabupaten Paniai aksi pemalangan jalan dimulai dari pagi. Senin, [30/08/2021] hingga menjelang sore hari pukul 15 :00 WIT.

Protes ini ditujukan kepada Reskrim Polres Paniai agar segera membebaskan, Yulianus Pigome (YP) telah diduga telah mencuri beras dengan bukti tangkap tangan oleh Polisi Pihak keluarga kecewa tanpa ada pemberitahuan dari Polres maupun diselesaikan secara keluarga.

Wakapolres Paniai AKP Mardi Marpaung, S.Sos ketika tiba di TKP dikawal Personil Polres Paniai itu, Wakapolres menjelaskan bahwa pelaku atasnama Yulianus Pigome tersebut ditahan dengan tangkap tangan dengan barang bukti membakar solot dan pelaku sedang memikul beras dua karung dari gudang beras sekretariat Paniai.

Kepala Suku Umum Paniai Melianus Yumai ketika bertemu Pihak Polres Paniai ketika menjelaskan persoalan yang terjadi. (Foto:Dok for PapuaLives)

Adapun, Aksi spontan ini dihadiri  pihak DPRD Paniai, Kepala Suku Umum Paniai dan juga beberapa tokoh masyarakat dan juga belasan pihak keluarga dikawal ketat Aparat kemanan TNI/Polri dilokasi.

Disela aksi protes itu, Kepala Suku Umum Kabupaten Paniai, Melianus Yumai mengatakan kasus ini harusnya pihak korban dan pelaku harus bicara secara empat mata.

“Korban mau ambil tindakan seperti apa. Apakah terbukti mencuri berarti mau dilajutkan ke proses hukum atau mau berbicara secara kekeluargaan lalu melepaskan pelakunya. Lalu terakhir kesepakatnya akan di buat surat pernyataan.”ucap Kepala Suku sembari mencari solusi.

Menurut informasi yang dihimpun media ini tanggal 29 Agustus 2021 Pukul 19.00 WIT dari pihak Reskrim Polres Paniai telah merujuk YP ke penahanannya ke Lembaga Penahanan (LP) Kabupaten Nabire.

Berikan Komentar Anda