Balik Atas
RSU Pratama di Intan Jaya Siap Melayani Masyarakat
 
Pewarta: Andreas Rumyaan Edisi 02/07/2019
| 206 Views
Bupati dan Pejabat Intan Jaya beserta Pastor dan Petugas RSU Pratama Intan Jaya ketika foto bersama usai peresmian Gedung RSU baru *(Foto:Dree/PapuaLives)

Sugapa,Rumah Sakit Umum (RSU) Pratama  yang berada di kabupaten Intan Jaya untuk sementara telah siap melayani kesehatan masyarakat. Pastor Kleopas Sojuna Sondegau telah melakukan pemberkatan Gedung sementara Rumah Sakit Umum Pratama Intan Jaya sebagai bentuk dimulainya pelayanan dasar kesehatan di wilayah Sugapa.Ibadah pemberkatan gedung sementara RSU Pratama Intan Jaya juga ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni, Yang turut disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Intan Jaya, Sopianus Zonggonau dan Direktur RSU Pratama Intan Jaya, Kristianus Tebai serta pejabat daerah lainnya.

Dalam kesempatan itu, Pastor Sondegau mengajak semua pihak bersyukur dan bersama-sama berjuang untuk meneruskan karya pelayanan di rumah sakit tersebut agar senantiasa berjalan karena talenta-talenta yang Tuhan berikan dapat berguna dan menjadi terang bagi sesama.

” Marilah kita berjalan bersama dan melanjutkan karya rumah sakit ini. Karna karya ini adalah karya bersama oleh umat Tuhan dan Pemerintah daerah dalam nama Tuhan Yesus.”ungkap  Pastor.

Bupati Natalis selaku Bupati mengatakan bahwa,Pihaknya telah membangun Gedung RSU Tipe D dan sudah siap beroperasi melayani masyarakat. Namun karena faktor Pilkada tiba-tiba kondisi fisik bangunan kembali jadi tidak layak digunakan.

“Dari segi gedung, Kita memiiiki calon rumah sakit Tipe D bantuan dari Kemenkes. Namun karena kondisi fisik tidak layak digunakan, Maka sementara kita pakai Puskesmas Yokatapa. Di katakan, Faktor lainnya masih negosiasi antara pihaknya dengan pemilik hak ulayat.

“Semoga RSU yang kita bangun di Wandoga bisa Iakukan pemberkatan dan dioperdioperasikan adlam waktu dekat dan dengan danya rumah sakit sementara ini dapat melayani masyarakat di kabupaten Intan Jaya.” kata Bupati.

Direktur RSU Pratama Intan Jaya, Kristianus Tebai menegeskan, Walaupun Pihaknya memiliki keterbatasan gedung dan alat serta petugas kesehatan. Namun kecintaanya terhadap orang Migani, Nduga, Dani Dan Wolani merupakan tekad pelayanan segera dilakukan.

“Semua petugas ini masih semangat kerja layani,Karena itu kita juga dorong mereka agar buktikan semua ilmu yang di peroleh.” kata Kristianus.

Kesempatan itu, Kadinkes Intan Jaya, Sopianus Zonggenau mengatakan pihaknya memiliki enam Puskesmas di enam distrik. Sementara RSU yang dibangun. Pihaknya masih kendala sehingga pada momen anak Migani lakukan Misa Perdana pihaknya berinisiatif adakan pemberkatan RSU sementara di Puskesmas Yokatapa.Pihaknya telah menempatkan 11 Orang Dokter Umum di enam Puskesmas Tersebut, Sehingga pihaknya tetap memantau kinerja para medis pasca pelayanan pemerintahan dipindahkan ke Sugapa dari Nabire.

“Tapi ada beberapa petugas belum kembali dan besok ke atas kami akan berikan tekanan supaya mereka kembali ke sini. Jadi 70 sersen sudah ada untuk melayani masyarakat”ucapnya.

 

Berikan Komentar Anda