Balik Atas
Siapkan Penulis Muda , RPM-Simapitowa Gelar Pelatihan Jurnalistik
 
Pewarta: Michael Edowai Edisi 06/04/2019
| 2392 Views
tampak Narasumber Pelatihan, Ibiroma Wamla (tengah) ketika memberikan Pelatihan Jurnalistik yang berlangsung di aula SMK Negeri 3 Jayapura (Foto: Michael/PapuaLives)

Jayapura,Rumpun Pelajar dan Mahasiswa Siriwo,Mapia,Piyaiye,Topo dan Wanggar (RPM- Simapitowa) kota studi Jayapura menggelar pelatihan Jurnalistik, untuk menyiapkan penulis muda. Pelatihan mengusung  tema “Membangun Simapitowa Melalui Menulis” menghadirkan tiga Narasumber yakni Alexander Gobai Jurnalis Media Bintang Papua , Hengki Yeimo Jurnalis Media Tabloid Jubi dan  Ibiroma Wamla  dari Komunitas Sastra Papua (Ko’Sapa). berlangsung pada Sabtu (06/04/2019) di Aula SMK Negeri 3 Jayapura.

” Saya sangat mengapresiasi ke kepada seluruh lapisan pelajar dan mahasiswa yang dapat berpartisipasi dalam pelatihan Jurnalistik dan juga diri sangat mengapresiasi kepada bapak Yanus Kuayo yang mana memfasilitas Pelatihan ini secara keseluruhan.” Kata Hengki Mote Ketua RPM Simapitowa Kota Studi Jayapura.

Lanjutnya,Ia menjelaskan bahwa dengan menulis kita bisa mencari dan melamar kerja di salah satu institusi/perusahan media cetak maupun media Online dan dengan menulis kita bisa mengekspresi isi hati kepada publik dengan beberapa tulisan seperti berita fakta, opini pantun,cerpen,featur­e,view dan lainnya.

” melalui pelatihan ini, agar generasi Muda RPM-Simapitowa lebih khususnya pelajar dan mahasiswa yang memantau di kota study Jayapura agar bisa menghasilkan tulisan-tulisan yang handal dan layak di olah khalayak.”kata Mote kepada media ini.

Ditempat yang sama, senior RPM – Simapitowa Jayapura, Yulianus Kayame mengatakan bahwa menulis adalah melahirkan pikiran atau perasaan seperti mengarang, membuat surat dengan tulisan. Menulis berarti menuangkan isi hati penulis ke dalam bentuk tulisan, sehingga maksud hati penulis bisa diketahui banyak orang orang melalui tulisan yang dituliskan. Kemampuan seseorang dalam menuangkan isi hatinya ke dalam sebuah tulisan sangatlah berbeda, dipengaruhi oleh latar belakang penulis.

” Dengan demikian, mutu atau kualitas tulisan setiap penulis berbeda pula satu sama lain. Namun, satu hal yang penting bahwa terkait dengan aktivitas menulis, seorang penulis harus memperhatikan kemampuan dan kebutuhan pembacanya.”kata Yulianus.

Lebih Lanjut Yulianus Berharap agar para senioritas tetap eksis dan pandai dalam menulis, karena menulis juga bisa membawah kami ke dalam dunia kerja, realitanya pada zaman sekarang orang tidak lihat dari ijazah tetapi di lihat karir atau kemampuan kerja harapan kami agar pelajar dan mahasiswa selalu eksisi.”harapnya.

Untuk diketahui juga bahwa,Pelatihan ini  di hadiri 80 peserta di mana merupakan sebuah langkah awal dimana saat ini RPM-Simapitowa Jayapura telah merencanakan akan melucurkan sebuah media, nantinya penulis muda yang disiapkan ini dapat memberikan kontribusi berupa artikel,berita dan lain-lain.

Adapun materi yang dibawakan ketiga Narasumber dengan materi dan sesi yang berbeda yakni  pertama “Teknis Penulisan Berita” , Kedua materi “Manajemen Redaksi” dan  yang ketiga  materi dengan judul “Apa Itu Berita”.

Berikan Komentar Anda