Tiba di Mapolres Nabire, Kapolres Baru disambut Upacara Pedang Pora

Kapolres Nabire AKBP Kariawan Barus, S.H, S.I.K, M.H  ketika melewati karpet merah bersama dengan sang istri. Langkah tegap sambil memberikan penghormatan, barisan pedang pora, satu per satu di buka. (Foto:Frans/PapuaLives)

NABIRE – Upacara Pedang Pora mewarnai penyambutan kapolres baru yakni AKBP Kariawan Barus, S.H, S.I.K, M.H di halaman mapolres Nabire, Sabtu (24/10/2020). Ia akan menggantikan tugas AKBP Sonny M. Nugroho T, S.I.K sebagai Kapolres Nabire.

Dalam upacara itu, kapolres yang sebelumnya berada di pintu masuk Mapolres Nabire, secara perlahan
memasuki karpet merah bersama dengan sang istri. Langkah tegap sambil memberikan
penghormatan, barisan pedang pora, satu per satu di buka.

Kapolres Nabire AKBP Kariawan Barus, S.H, S.I.K, M.H di dampingi Wakapolres Kompol Samuel Dominggus Tatiratu, S.IK ketika menyapa sejumlah kepala Polsek dan pejabat Polres. (Foto: Frans/PapuaLives)

Dalam upacara Pedang Pora siang itu, Mantan Kapolres Nabire AKBP Sonny M. Nugroho T, S.I.K mengatakan situasi Kantibmas Polres Nabire dan Dogiyai aman dan kondusif , hubungan sinergitas TNI/Polri  dan rekan kita Brimob terjaga,terawat dengan baik.

“Sehingga dalam tugas meringankan semua pengamanan yang sudah kita lakukan. Dalam waktu dekat ini dan saat tahapan Pilkada di Nabire tahun 2020 dilaksanakan 9 Desember sudah sangat dekat dan saat ini juga tahapan kampanye dari masing-masing Calon. ” kata Sonny (24/10/2020) dalam sambutannya.

Suasana Upacara Pedang Pora di Halaman Mapolres Nabire (24/10/2020) Siang tadi (Foto: Frans/PapuaLives)

Selain itu, Ia menambahkan bahwa kita ketahui sudah ada tiga pasangan calon kepala daerah, sehingga dirinya menitip pesan dan juga menghimbau seluruh jajaran Polres Nabire. “Sudah jelas aturan,petunjuk,perintah dari pimpinan. Netralitas kita sangat harus di junjung tinggi dalam Pilkada.” imbuhnya.

Kesempatan yang sama, Kapolres Nabire  AKBP Kariawan Barus, S.H, S.I.K, M.H yang baru dilantik tersebut mengatakan sebagai Kapolres baru menyampaikan terima kasih atas sambutan yang dilakukan kepada dirinya dan keluarga begitu juga kegiatan yang dilakukan dalam rangka tugas kedepan.

” Saya minta pada kesempatan ini, saya mohon dukungan kita sama-sama tingkatkan kedepan Kamtibmas yang sudah berjalan kondusif , begitu tugas kita tantangan kita kedepan didepan mata adalah bagaimana kita melaksanakan tugas pengamanan atau menciptkana situasi aman , nyaman dalam pelaksanaan Pemilukada di situasi pandemi Covid saat ini.” terang AKBP Kariawan.

Mantan Kapolres lama , AKBP Sonny M. Nugroho T, S.I.K dalam prosesi pedang pora di halaman Mapolres Nabire (Foto: Frans/PapuaLives)

Selain itu, Ia menambahkan bahwa selaku pejabat baru dirinya menyampaikan terima kasih dan  tak lupa akan sering melakukan  komunikasi. Ia juga menyampaikan kepada Kapolres lama bahwa jangan lupa Nabire dan anggaplah Nabire rumah kita bersama.

” Saya ucapkan kepada bapak Sonny selama jalan bersama keluarga  nantinya sampai di Medan. Kita berdoa bersama bahwa nanti pada massanya ,seperti apa yang disampaikan tadi beliau tidak akan lupa Papua dan akan kembali ke Papua. “jelas Kapolres Nabire (25/10/2020) siang tadi.

Perlu diketahui, Sebelumnya telah dilaksanakan serah terima jabatan (sertijab) di jajaran Polda Papua. AKBP Kariawan Barus, S.H, S.I.K, M.H menggantikan AKBP Sonny M. Nugroho T, S.I.K sebagai Kapolres Nabire. Sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kep. Yapen. Selanjutnya, AKBP Sonny M. Nugroho T, S.I.K melaksanakan tugas sebagai Irbid Itwasda Polda Sumut.

 

Berikan Komentar Anda