Tim Revitalisasi Asrama Teruna Bakti terbentuk

Tampak Asrama Teruna Bakti berlokasi di Waena , kota Jayapura. (Foto: Istimewa)

JAYAPURA – Lahan bekas Asrama Putra telah terbangun SMAK ( Seminari Menengah) dan sebagian juga terbangun fasilitas Rumah Sakit Dian Harapan. Lokasi SMU Teruna Bakti diberikan oleh Ondoafi Waena yang sekarang masih hidup yaitu bapak Ramses Ohee, sebagai perhatian kepada Gereja dan Pemerintah pada saat itu.

” Untuk membangun Sekolah Guru yaitu SPG Teruna Bakti  Waena kini SMA YPPK Teruna Bakti Waena dengan asramanya. Untuk mengembalikannya Ikatan Alumni Teruna Bakti Waena Jayapura dalam Raker 28 Januari 2022 telah membentuk Tim Revitalisasi Asrama Teruna Bakthi Waena Jayapura.”ungkap Jhon NR Gobai ketua Alumni Teruna Bakti , [28/01/2022] kepada media ini.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Pihak Alumni siap berdiskusi dengan semua pihak terkait untuk mengembalikan Asrama Teruna Bakti Waena. Teruna bakthi dahulu berawal dari SPG (Sekolah Pedidikan Guru) yang pada masa penjajahan Belanda dinamakan ODO ini berkedudukan di Fak-Fak, kini berada di Waena, Distrik Heram Kota Jayapura dengan nama SMA Teruna Bakthi yang sebelumnya adalah SPG Teruna Bakthi Waena dengan Asrama Putra dan Asrama Putrinya artinya Pola KOLESE.

Teruna bakthi sekarang.

Kini dalam komplex ini terdapat STPK, SMAK Seminari dan RS.Dian Harapan. Jika dilihat kembali tanah ini diberikan untuk sekolah YPPK Teruna Bakthi untuk mendidik Putra putri Papua dari berbagai daerah dan sekaligus membangun kebersamaan, persaudaraan, bukan terkotak kotak dalam kelompok distrik, suku dan kabupaten.

Ditahun ke 50 Teruna bakthi, Alumni bertekat mengembalikan Asrama Putra Teruna Bakthi Waena, sesuai dengan maksud penyerahan tanah diawal yaitu SPG Teruna Bakthi yang sekarang adalah SMA Teruna Bakthi Waena. Alumni juga akan mengupayakan pencarian dana bagi maksud alumni termasuk kemungkinan membentuk organisasi nirlabanya.
Ikatan Alumni Teruna Bakthi Waena Jayapura dalam RAKER telah membentuk Tim Revitalisasi Asrama Teruna Bakthi Waena Jayapura.

Pertanyaannya bagaimana solusinya, karena Asrama Putra juga adalah kebutuhan namun seminari dan rumah sakit juga penting.

Solusi.
1.Seminari dan siswanya tetap jalan dan asramanya dibuka lagi untuk menampung Siswa putra SMA Teruna bakthi Waena.
2. Siswa baru ditahun ajaran baru diterima penghuni putra Asrama Teruna Bakthi dan bersekolah di SMA Teruna Bakthi Waena dan bagi calon seminari tinggi menerima ilmu tambahan di seminari, sama dengan konsep di keuskupan Sorong.
3.Seminari pindah ditempat yang lebih aman dan jauh dari keramaian di Arso X dan fasiltas yang ada menjadi Asrama Putra Teruna Bakthi dan Pusat Pembinaan Orang Muda.

Salam
Ketua IATB Waena
John NR Gobai

Sekretaris
Rina C.Wafumilena

Berikan Komentar Anda

Pos terkait