Wagub Papua : Kesadaran dan Kedisiplinan Cegah Corona Masih Rendah

Wagub Klemen Tinal saatmenyerahkan bantuan di beberapa titik di Jayapura (Foto:Humas Pemprov Papua)

Jayapura,Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menyebut tingkat kesadaran dan kedisiplinan warga Kota dan Kabupaten Jayapura untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19, masih cukup rendah.

Hal itu disaksikan Wagub Klemen saat memantau sekaligus menyerahkan bantuan di beberapa titik, di Kota dan Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/5/2020).

Ia melihat masih banyak warga yang melakukan aktivitas maupun interaksi di luar rumah tanpa menggunakan masker.

Padahal pemerintah dalam beberapa kesempatan sudah memberi imbauan agar warga tetap dirumah, tidak berinteraksi di keramaian serta menggunakan masker saat diluar rumah.

“Saya lihat masih banyak warga naik angkot tanpa gunakan masker. Masih banyak yang berinteraksi di luar rumah atau di keramaian tanpa gunakan masker”.

“Phsycal Distancing belum dijalankan baik sehingga saya harap ini menjadi perhatian kita semua warga di Kota Jayapura dan sekitarnya, tetapi juga di seluruh Papua,” terang Klemen.

Ia mengajak masyarakat Papua agar belajar dari Vietnam yang berhasil menekan angka kasus Covid-19, karena warganya yang patuh dan disiplin menjalankan physical distancing.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada kepala daerah di 29 kabupaten dan kota agar bertindak cepat untuk menyelamatkan rakyatnya.

“Khusus untuk daerah Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Keerom, dan Kabupaten Nabire saya minta agar masyarakat sudah harus mulai berhati-hati. Jangan angap enteng penyebaran virus ini”.

“Makanya para bupati dan walikota juga harus lebih tegas lagi serta bisa mengurangi aktivitas masyarakat di jalan-jalan. Karena virus corona ini menyebar melalui interaktif sosial di luar rumah dan dikeramaian. Sebab kalau tidak dibatasi maka angka kasus positif Covid-19 akan naik terus,” terang ia.

Sebelumnya, Wagub Klemen Tinal memberi bantuan bahan makanan ke sejumlah panti asuhan dan pondok pesantren di Kota maupun Kabupaten Jayapura. Penyerahan bantuan disaksikan kepala SKPD di lingkungan Pemprov Papua serta tim Satgas Covid-19 Papua.

Humas Pemprov Papua

Berikan Komentar Anda