Wapres RI Pimpin Opening Ceremony PEPARNAS XVI Papua Dengan tema “Cahaya Kemenangan dari Timur”

JAYAPURA– Pada hari Jumat tanggal 5 November 2021, bertempat di stadion Mandala Jayapura Wakil Presiden (Wapres) RI Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin membuka dengan resmi perhelatan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua tahun 2021.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ibu Wakil Presiden RI Ny. Wurry Ma’ruf Amin, Menko PMK RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si., Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahanan Rakyat RI WJhon Wempi Wetipo, S.H, M.H., Ketua National Paralympic Committee Indonesia Senny Marbun, Gubernur Papua selaku Ketua Umum Peparnas XVI Papua Lukas Enembe, S.IP., M.H, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua selaku Ketua Harian PB PEPARNAS XVI Papua Doren Wakerkwa, S.H., Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Kapolda Papua Irjen. Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K beserta para tamu undangan dan para pejabat Unsur Pemerintah Provinsi Papua.

Kegiatan diawali dengan sambutan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo secara virtual yang intinya, atas nama pribadi, saya memohon maaf karena tidak hadir dalam acara pembukaan Peparnas XVI Papua, karena harus menjalani karantina mandiri setelah luar negeri. Namun saya akan ikut dalam acara penutupan Peparnas XVI Papua nanti.

Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Wakil Presiden karena sudah mewakili saya. Saya yakin dan optimis bahwa Peparnas XVI Papua akan berjalan aman, lancar dan sukses.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran video Cahaya Kemenangan dari Timur dan Papua Maju serta pengibara bendera Peparnas / NPCI dengan diiringi lagu Mars Patriot.

Dalam sambutannya Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia mengatakan terimakasih saya ucapkan kepada Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin yang dapat hadir ditengah kegiatan upacara pembukaan Peparnas XVI 2021 di Papua dengan hal ini dapat membawa semangat dan motifasi kepada kami.

Perlu kita syukuri di era kepemimpinan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, seluruh masyarakat yang bergabung di NPCI memiliki kesempatan dan mendapatkan hak yang sama dengan olahragawan non difabel.

Para peserta yang berbahagia kita patut bersyukur yang mana olahraga difabel menjadi olahraga yang spektakuler mulai dari apresisasi pemerintah dan masyarakat nasional maupun internasional dan tentu kita masih ingat Indonesia di percaya untuk menyelenggarakan Asean Paragame ke-3 pada tahun 2018 yang lalu di Jakarta Indonesia sebagai tuan rumah patut bangga karena penyelenggaraan Asean Paragame tersebut sukses dan menjadi buah bibir insan mancanegara.

Pada kesempatannya Gubernur Papua selaku Ketua Umum Peparnas menyampaikan Peparnas ke 16 ini adalah panggung kesetaraan dimana seseorang di negeri ini punya kesempatan yang sama untuk mengharumkan nama bangsa, Peparnas bukan hanya pelengkap dari PON Papua. Namun Peparnas ini adalah wadah yang sama dan sejajar sehingga kami sebagai tuan rumah juga mempersiapkan Peparnas dengan hati yang tulus dan di design dengan semangat yang tinggi.

Saya juga mengajak kepada masyarakat Indonesia seluruh pemimpin baik di daerah daerah maupun di pusat untuk memberikan ruang yang besar dan kesempatan yang sama bagi teman teman atlet Difabel mereka adalah manusia kuat yang harus kita bantu untuk dapat melangkah bersama menuju prestasi yang akan mengharumkan nama bangsa ini.

Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen Peparnas 16 Papua tahun 2021, Selamat bertanding dan rebutlah juara di arena kalian masing-masing Tuhan menyertai kita semua.

Sementara itu dalam sambutannya Wakil Presiden RI mengatakan Peparnas ini merupakan pembuktian dan komitmen pemerintah untuk memberikan perlakuan yang sama bagi setiap warga negara dalam hal ini Presiden juga minta saya membuka Peparnas XVI dan Presiden yang nanti akan menutupnya.

Saya apresiasi kepada Bapak Gubernur Papua, Menpora, jajaran Menteri kabinet Indonesia Maju, para Gubernur Provinsi lain, Ketua NPC Indonesia dan seluruh jajaran pengurus serta seluruh pihak yang bekerja keras membantu PB Peparnas XVI untuk menyiapkan pelaksnaan Peparnas XVI ini.

Kepada para atlit yang akan bertanding harus mampu menunjukkan apa yang orang lain bisa lakukan. Raihkan prestasi yang bisa melampaui cita cita. Hambatan tidak boleh menghalangi untuk meraih prestasi.

Kegiatan diakhiri dengan pembacaan sumpah janji atlit, sumpah janji wasit dan prosesi penyalaan api couldrone dan fireworks serta penampilan dari beberapa artis tanah air.

Diketahui pelaksanaan Peparnas XVI Papua tahun 2021 ini dilaksanakan pada tanggal 2 November hingga 15 November 2021 dengan diikuti 34 Provinsi, 12 Cabor dan 1.985 atlit yang diselenggarakan pada dua klaster yakni di Kota Jayapura dan kabupaten Jayapura. Nantinya kegiatan Closing Ceremony Peparnas XVI Papua tahun 2021 ini akan dilaksanakan pada tanggal 13 November 2021 di stadion Mandala Kota Jayapura.

Berikan Komentar Anda